Tips Memilih Sepatu Wanita Yang Nyaman

Memilih Sepatu Wanita Nyaman

Bagaimana Memilih Sepatu Yang Nyaman di Kaki dan Nyaman di Hati ?
Memilih sepatu yang nyaman tidak selalu didasarkan dengan pertimbangan teknis, kendalanya sering kali disebabkan karena faktor psikologis konsumen.

Untuk memilih sepasang sepatu yang nyaman dan modis pada kenyataannya tidak mudah dilakukan, meskipun saat mencoba sepatu disediakan banyak pilihan oleh sebuah toko atau butik sepatu. Karena selain pilihan pada model tertentu, faktor lain yang menentukan adalah kenyamanan. Jika pilihan itu jenis high heels berukuran tinggi, maka faktor keamanan juga menjadi pertimbangan

Masalahnya sepatu diproduksi menurut ukuran yang bersifat general, baik untuk ukuran panjang, lebar dan lengkungan pada punggung kaki. Belum lagi desain bagian depan sepatu yang beragam dan setiap style belum tentu dapat dipakai secara nyaman meskipun ukuran sepatu secara keseluruhan sudah tepat, karena bentuk jari-jari kaki setiap wanita memiliki karakteristik yang berbeda-beda dan bersifat individual.

Bagaimana proses memilih, mencoba dan membeli sepatu dengan benar sehingga Anda dapat memutuskan pilihan dengan tepat agar setiap sepatu Anda memiliki kesempatan yang sama untuk mendukung penampilan Anda ?
Tips berikut ini akan membantu Anda untuk lebih mudah memilih sepatu wanita secara tepat, setidaknya Anda akan memiliki lebih banyak waktu untuk memutuskan pilihan daripada membuang-buang waktu untuk mencoba setiap sepatu tapi akhirnya ragu-ragu untuk membelinya atau tidak. Atau sebaliknya, langsung beli karena sudah terlanjur terpikat oleh modelnya yang stylish.



Cobalah model sepatu yang jadi pilihan Anda, jangan model lainnya.

Bagi Anda yang memang penyuka sepatu fashion mungkin tips ini bukan baru lagi karena sudah Anda terapkan, tetapi bagi mereka yang mulai menyukai sepatu fashion diharapkan mendapat masukan yang bermanfaat agar dapat memenuhi tuntutan keinginan secara efektif dan tidak sekedar menjadi konsumen yang bisa dengan mudah menjadi korban iklan sepatu wanita.


01. Apakah Anda membeli sepatu untuk melengkapi busana, atau untuk menambah koleksi Anda ?


Jika Anda ingin membeli sepatu untuk padanan busana Anda yang baru, maka tak menjadi masalah. Biasanya Anda sudah punya pilihan yang cenderung ke model dan warna tertentu, bahan sepatu dan harganya tidak menjadi pertimbangan utama. Hal ini sekaligus menunjukkan bahwa Anda bukan penyuka sepatu kelas berat, mungkin prioritas Anda pada bagian dari busana itu sendiri, misalnya baju, cardigan atau blazer dan lain-lain. Bisa juga perangkat fashion lain, misalnya tas wanita atau yang lainnya.

Seorang wanita penyuka mode pakaian akan lebih tertarik pada model pakaian, selanjutnya berusaha membeli sepatu yang sesuai dengan gaun yang dimilikinya. Wanita type ini tidak serawan penyuka sepatu fashion terhadap godaan sepatu yang dipajang di etalase toko yang dilewatinya.

Lain halnya jika Anda ingin membeli sepatu karena terdorong untuk menambah koleksi Anda dengan model sepatu yang baru, atau ingin menambah dengan model yang belum dimiliki. Apalagi jika keinginan itu timbul karena sedang memiliki uang lebih dan tidak ada kegiatan, lebih terdorong oleh keinginan mengisi waktu dengan berjalan-jalan ke mall sambil iseng-iseng mencari model sepatu yang mungkin baru dipasarkan, maka Anda harus lebih dulu mempersiapkan kemampuan untuk mengendalikan diri.

Bagi penyuka sepatu wanita, perangkat fashion yang satu ini mungkin memiliki kemampuan membuat orang kecanduan sama beratnya dengan narkoba. Di saat tertarik pada sepasang sepatu yang menurut kita memiliki penampilan amat stylish, maka akan sulit sekali menahan diri untuk tidak memilikinya. Contoh riel dalam hal ini adalah Imelda Marcos yang memiliki sepatu sampai 3400 pasang.

Imelda memang dikenal sebagai penyuka sepatu fashion kelas berat. Model busana yang dipakainya dalam penampilan resmi atau sehari-hari tak pernah berubah selain Maria Clara, yakni pakaian resmi wanita Philipina dengan ciri khas desain baju bagian lengan yang menggembung tinggi di kedua sisi bahu. Selera fashion Imelda lebih terfokus pada sepatu yang tanpa disadari mempertajam kesenjangan sosial sehingga ikut memicu kebencian rakyat Philipina yang sebagian masih hidup dalam kekurangan.

Imelda Marcos saat masih menjadi Ibu Negara meresmikan Museum Sepatu Marikina dengan koleksi terbanyak terdiri dari sepatu miliknya sendiri.

Karena kecintaannya pada sepatu itu pula Imelda semasa masih menjadi First Lady Philipina memprakarsai dibukanya Museum Sepatu Marikina. Nama tersebut diambil dari nama kota yang terkenal dengan produksi sepatunya sejak sebelum penjajahan Spanyol. Koleksi Museum Sepatu Marikina terdiri dari sepatu buatan warga Marikina dan sepatu tradisional dari berbagai negara. Koleksi terbanyak dalam museum itu adalah sepatu Imelda Marcos sendiri.

Kadang-kadang dorongan memiliki sepatu yang kita inginkan begitu kuat sehingga memaksa kita untuk bersikap irrasional. Sesama penyuka sepatu wanita pasti bisa memahami dan juga pernah mengalami kekecewaan akibat memaksakan diri membelinya. Pasalnya, model sepatu tersebut tinggal sepasang meskipun saat dicoba terasa kurang nyaman karena ukurannya kekecilan.

Tetapi masih tetap berkeras untuk membelinya dengan pertimbangan kelak kulitnya bisa melar jika sudah dipakai beberapa kali, ternyata tidak terbukti. Maka yang tersisa bukan hanya ketidaknyamanan di kaki, tetapi juga di hati. Karena itu seberapa besar ketertarikan pada model sepatu yang tidak sesuai ukuran atau tidak nyaman saat dicoba, jangan turuti dorongan sesaat tersebut daripada kecewa berat di belakang hari.

Gunakan solusi cerdas dengan memesan model yang sama persis pada perajin sepatu, kalau perlu tambahkan aplikasi atau lakukan sedikit modifikasi agar nampak lebih cantik dan unik sehingga menjadi benar-benar eksklusif karena tidak ada duanya. Mungkin biayanya lebih mahal dan dibutuhkan kesabaran untuk menunggu sepatu tersebut selesai dikerjakan. Tetapi pada akhirnya selain akan memiliki sepatu idaman yang cantik dan nyaman dipakai, solusi ini juga akan memberikan kepuasan tersendiri.


02. Tentukan jenis dan model sepatu


Pastikan jenis dan model sepatu, juga jenis bahan sepatu yang ingin Anda beli, paling sedikit Anda sudah harus memiliki rancangan tentang gaun milik Anda yang bisa dijadikan sebagai padanannya. Banyak wanita yang semula ingin membeli sepasang sepatu mid heels, tetapi ketika masuk ke toko sepatu tiba-tiba merasa tertarik untuk mencoba sepasang high heels dengan desain terbaru.

Akibatnya selain menghabiskan waktu untuk memilih dan mencoba lebih banyak model sepatu, pertimbangan untuk memutuskan membeli sepatu pun, apakah mid heels yang semula menjadi pilihannya atau high heels yang menjadi pilihan kedua dilakukan dengan setengah hati.

Sehingga ketika Anda sudah memutuskan untuk membeli salah satu dari sepatu tersebut, maka tak sampai seminggu Anda akan tergoda untuk membeli sepatu yang satunya lagi. Jika kebetulan pada toko sepatu yang sama terdapat sepatu dengan disain yang lebih baru, maka suasana hati yang sama akan kembali terulang. Itulah sebabnya, kenapa banyak wanita yang memiliki belasan pasang sepatu tetapi yang sering dipakai hanya lima pasang.

Jenis flat yang memiliki hak paling tinggi 3,5 Cm merupakan sepatu yang paling nyaman dipakai meskipun pada umumnya memiliki penampilan yang kurang fashioned. Sedangkan high heels memang didesain sebagai sepatu fashion untuk menunjang penampilan pemakainya, selain penggunanya bisa nampak lebih tinggi dan langsing, juga bisa membuat efek berjalan nampak lebih seksi. Tetapi high heels bisa mengganggu kesehatan kaki apabila dipakai secara terus menerus, selain itu juga beresiko tinggi karena bisa mengakibatkan kaki terkilir dan terjatuh. Jangankan Anda atau saya, model yang profesinya erat dengan high heels pun suatu ketika bisa mengalami insiden yang tidak menyenangkan itu.
Memilih high heels berarti harus siap dengan segala resikonya

Solusinya adalah prioritaskan untuk memilih mid heels, jenis sepatu dengan hak ukuran sedang dan posisi telapak kaki tidak terlalu curam karena ditunjang oleh platform, model bisa lebih sering dipakai karena lebih sehat dan menunjang penampilan pemakainya nampak selalu fashioned. Untuk model hak sebaiknya memilih chunky yang memiliki top heels cukup luas untuk menjamin stabilitas penggunanya.


03. Kenali type jari kaki Anda sendiri


Kenali dan pastikan bagaimana karakter ujung jari kaki Anda dan berapa ukuran sepatu yang paling nyaman sesuai dengan style bagian depan sepatu. Style pointed toe dan style round toe, apalagi square toe akan memiliki tingkat kenyaman yang berbeda-beda meskipun memiliki ukuran yang sama.

Seperti diketahui terdapat lima type bentuk jari kaki wanita, yaitu type Egyptian yang berbentuk runcing, type Greek mirip type Egyptian tetapi tidak begitu runcing. Selanjutnya terdapat type Roman, Germanic dan Celtic, ketiga type bentuk jari kaki tersebut cenderung berbentuk kotak. Pada prinsipnya kenyamanan pengguna sepatu ditentukan oleh penyesuaian antara type bentuk jari kaki dan style bagian depan sepatu wanita.

Type Egyptian dan type Greek yang berbentuk runcing bisa dengan mudah menyesuaikan dengan ujung sepatu yang didesain dengan style pointed toe. Tetapi ketiga type lainnya akan kesulitan untuk menyesuaikan dengan style tersebut. Akibatnya jari-jari kaki akan merasa sakit karena dipaksa masuk ke ruang yang sempit, selama memakai sepatu ini pengguna merasa tidak nyaman, bahkan sakit jika dipaksa untuk berjalan jauh.

Pilihan untuk jari kaki dengan type Roman, Germanic dan Celtic yang paling ergonomis adalah sepatu yang pada bagian depan didesain dengan style round toe, paling tepat adalah style Square Toe. Desain bagian ujung sepatu wanita yang berbentuk kotak ini sebenarnya paling aman dan sehat untuk semua type jari kaki. Hanya saja kalangan fashion menganggap style ini memiliki penampilan yang kurang menarik.

Cermati perbedaan ukuran sepatu berstyle pointed toe dan round toe yang Anda rasa paling nyaman saat dipakai, hal ini akan membantu untuk menentukan ukuran sepatu secara tepat ketika Anda membelinya secara online. Karena sulit untuk memilih sepatu yang benar-benar bisa dipakai dengan nyaman tanpa mencobanya lebih dulu, kecuali kebanyakan sepatu hak rendah dan flat dengan style round toe yang secara umum bisa sesuai untuk seluruh type jari kaki.


Jangan tergiur tawaran model sepatu yang bukan menjadi pilihan Anda

Mintalah kepada pelayan toko model dan ukuran yang Anda inginkan. Jika tidak ada ukuran yang diinginkan, segera pindah ke toko yang lain. Biasanya pramuniaga akan menawarkan ukuran yang Anda minta tetapi dengan model yang sedikit berbeda, jika Anda turuti dan ternyata Anda kurang tertarik, pramuniaga akan mencoba menawarkan sepatu dengan model yang sama sekali berbeda dari keinginan Anda semula.

Dalam kondisi tersebut bukan Anda dilayani oleh pramuniaga, tetapi terbalik, Anda justru menuruti keinginannya. Sehingga jika memutuskan untuk membeli sepatu tersebut, Anda akan merasa menyesal atau sedikitnya kurang puas karena belum memperoleh sepatu yang menjadi pilihan Anda semula. Jadi, bersikaplah tegas pada diri sendiri untuk menolaknya dan mencari ke toko yang lain.


04. Cermati setiap detail sepatu

Perhatikan bagian-bagian sepatu terutama di bagian dalam, meskipun dari luar desainnya tampak sempurna dan ukurannya sudah tepat dengan kaki Anda, mungkin di bagian dalam terdapat jahitan yang tidak rata atau sambungan kulit yang tidak tepat sehingga mengakibatkan tonjolan yang bisa mengganggu kenyamanan.

Hal itu mungkin menjadi kendala kecil saat Anda mencoba memilih sepatu yang tepat, tetapi jangan diabaikan karena kelak "gangguan" kenyamanan itu akan berlangsung selama Anda memakai sepatu tersebut. Sehingga akhirnya Anda menjadi enggan memakainya, selanjutnya mungkin tidak pernah Anda pakai sama sekali. Jadi, saat mencoba sepatu, rasakan benar-benar apakah terdapat bagian dalam yang membuat kaki Anda merasa kurang nyaman.

Solusinya, tentu saja minta ganti dengan model dan ukuran sepatu yang sama. Jika tidak ada dan pilihan Anda merupakan "harga mati", maka Anda harus meluangkan waktu untuk memperbaikinya ke service sepatu. Solusi lain, jika tidak mengganggu kenyamanan dan posisi tonjolan memungkinkan untuk ditutup, Anda dapat menggunakan gel cushion yang sesuai.

Selanjutnya jika sepatu tersebut membutuhkan perangkat dan bahan khusus untuk perawatannya, misalnya karena dibuat dari bahan kulit suede, nubuck atau beludru, maka Anda harus sekalian membelinya. Karena bahan yang digunakan pembuatan sepatu tersebut menuntut untuk segera dibersihkan setiap kali habis dipakai, apalagi jika hendak disimpan dalam jangka waktu lama. Hal lain misalnya sepatu Anda terbuat dari kulit asli warna beige atau biru, maka lengkapi dengan membeli semir yang sewarna dan sikat sepatu khusus untuk warna tersebut.

Kebanyakan wanita tidak mau repot dan membeli semir netral dan satu sikat untuk semua warna, tetapi hasil perawatannya tidak akan maksimal. Jika kebetulan proses pewarnaan kulit dari salah satu sepatu kurang sempurna, warnanya akan sedikit luntur saat disemir. Hal itu bisa dilihat pada lap yang digunakan sebelum Anda menyikatnya, jika kemudian sikat yang sama Anda gunakan untuk menyikat sepatu yang berwarna terang, maka akibatnya lama kelamaan sepatu yang berwarna terang tersebut akan menjadi kusam. Dalam kondisi demikian akan sulit untuk mengembalikan ke warna aslinya yang cerah.


05. Pilih yang sesuai dan nyaman, bukan yang terlalu cantik

Sepasang sepatu high heels yang terlalu cantik memang bisa menambah seksi penampilan wanita yang memakainya, tetapi belum tentu sesuai untuk diri kita. Contohnya adalah sepatu ultra high heels yang didesain dengan memodifikasi platform Vivienne Westwood. Sepatu ini paling sering dipakai oleh Lady Gaga untuk mendukung penampilannya yang selalu sensasional, tapi tentu tidak sesuai untuk siapa pun, kecuali Lady Gaga sendiri.
Satu-satunya wanita yang mampu memanfaatkan high heels berukuran sangat tinggi secara efisien, mungkin hanya Lady Gaga.
Luangkan waktu beberapa menit untuk mengetahui alasan dan kesediaan Sang Popstar itu menerima resiko sepatu berhak sangat tinggi sekaligus melihat penampilan dengan berbagai model dan style high heels di High Heels Lady Gaga

Sepatu berhak tinggi terbaik sesuai dengan prasarana dan budaya untuk wanita Indonesia adalah mid heels. Apakah diaplikasi model Stiletto atau Chunky heels, keduanya bisa memberikan sentuhan modern tetapi tidak terlalu norak, juga dalam keadaan darurat masih bisa digunakan di berbagai medan. Dari menghadiri resepsi di hotel berbintang lima yang lantainya beralaskan karpet sampai acara pesta perkawinan di kampung yang jalan masuknya berpaving.

Sepasang sepatu yang nampak cantik dan menarik ketika dipajang di sebuah etalase, sebenarnya tidak lebih dari sebuah produk yang ditampilkan "sendirian". Konsumen seringkali lupa bahwa saat sepatu tersebut dipakai maka secara otomatis akan menjadi bagian dari keseluruhan penampilan seseorang. Begitu pula dengan penampilan sepasang sepatu yang nampak elegan dan cantik saat diperagakan oleh seotang model diatas cat walk, pada dasarnya sepatu tersebut telah dipadupadankan secara cermat sehingga menjadi bagian dari keseluruhan penampilan sang model.

Jadi, setiap kali melihat sepatu yang cantik, bayangkan juga tentang gaun yang sesuai untuk sepatu tersebut, dan apakah Anda sudah memilikinya ? Kasus seperti ini sering terjadi pada para penyuka sepatu fashion, mereka menyukai jenis dan model sepatu tertentu selanjutnya mencari gaun yang sesuai untuk padanannya. Anggaran yang harus dikeluarkan belakangan, biasanya justru lebih besar dari harga sepatu yang dibelinya.


06. Manfaatkan Gel Cushion



Bisa jadi sepatu yang Anda pilih ternyata kurang nyaman digunakan, meskipun memiliki ukuran yang sama persis dengan kaki Anda. Hal ini sering terjadi pada model high heels dengan aplikasi style pointed toe atau bagian depan yang berbentuk runcing. Solusi terbaik menghadap masalah tersebut adalah tidak membelinya. Karena jika dipaksakan kelak setelah dipakai hanya akan mengakibatkan lecet dan rasa sakit.

Beragam gel cushion untuk melindungi setiap bagian kaki

Carilah model yang sama persis dengan ukuran yang lebih besar. Selanjutnya manfaatkan gel cushion atau bantalan kaki yang terbuat dari silicon berwarna transparan, pelengkap sepatu ini, khususnya untuk model high heels dibuat untuk melindungi seluruh bagian kaki, mulai dari ujung jari kaki hingga tumit. Pilihan sepatu dengan ukuran lebih besar lalu melengkapinya dengan gel cushion adalah solusi terbaik untuk mendapatkan sepatu yang nyaman.


07. Bangunlah mindset yang memadai



Sebagai penyuka sepatu fashion mindset Anda juga harus berubah menjadi lebih rasional, dewasa dan lebih mampu untuk menghargai sepatu yang ditawarkan oleh rumah mode, karya desainer dan produk yang dikerjakan oleh perajin sepatu. Harga sepasang sepatu yang ditawarkan kepada konsumen, apakah oleh sebuah rumah mode berskala lokal atau internasional, apakah ditawarkan oleh seorang pramuniaga toko sepatu, apakah ditawarkan langsung oleh seorang desainer yang hanya berupa sketsa dan rincian bahan-bahannya, apakah ongkos kerja yang diminta oleh seorang perajin, semuanya didasarkan pada pertimbangan yang berlaku di lingkungannya masing-masing.

Bagi mereka yang benar-benar profesional dan sudah bertahun-tahun bergelut di bidang bisnis persepatuan, harga yang ditawarkan tersebut adalah harga yang berlaku secara umum. Jika misalnya sepasang high heels booties dengan style gladiator ditawarkan seharga Rp. 10 juta lebih oleh Rumah Mode Balmain, maka Anda tidak hanya membayar untuk harga material yang digunakan dan ongkos pembuatannya, melainkan nilai paling malah adalah sejarah dan pengalaman rumah mode sejak didirikan oleh Pierre Balmain di tahun 1946 yang melekat pada reputasi merk sepatu buatannya itu.

Kualitas sepatu rumah mode kelas dunia mungkin tak berbeda berbeda dengan hasil kerja perajin sepatu dari Cibaduyut yang sudah menekuni profesi mereka selama bertahun-tahun dan dilakukan secara turun temurun. Karena itu jika Anda memiliki desain sendiri dan bisa memilih material yang berkualitas, maka Anda juga bisa memiliki sepatu berkualitas kelas dunia dengan cara memesan langsung pada seorang perajin yang berpengalaman. Perbedaan antara sepatu bermerk dari Paris atau Italia dengan sepatu hasil desain Anda sebenarnya hanya terletak pada efek psikologis bagi pemakainya sendiri.


Lebih dari itu, pesona sepasang sepatu fashion tidak bisa muncul jika tidak dipadupadankan dengan busana yang serasi. Ketika dipajang di etalase, mungkin sepatu tersebut nampak paling cantik dan paling menonjol dibandingkan dengan sepatu-sepatu lainnya. Tetapi tidak demikian jika Anda langsung memakainya di saat bangun tidur dengan masih memakai daster. Sama halnya dengan sepatu buatan rumah mode terkenal dari Paris atau Milan ketika dipakai untuk berbelanja di pasar tradisional, tidak seorang pun yang akan meliriknya. Apalagi mengagumi harganya yang mahal.

Sumber: www.tips-sepatu-wanita.com


Tidak ada komentar:

Posting Komentar